Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Anak

Semangat belajar


Manusia di definisikan sebagai seorang pembelajar sejati dimana dia akan selalu belajar dan terus belajar. Entah itu mempelajari lingkungan sekitar maupun yang lainnya. Kegiatan belajar akan terus menerus dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung hal ini dilakukan sebagai bekal untuk beradaptasi. 

Masa pembelajaran ini dimulai dari hal yang paling sederhana ketika masih kecil. Seperti ketika anak merasakan suatu benda, berbicara dan berjalan. 

Belajar Anak


Banyak orang tua yang masih belum mengerti bagaimana dalam menyikapi proses pembelajaran pada waktu anak masih kecil ini yang sangat berarti untuk pembelajaran dikemudian hari. Pada umumnya masih sering proses pembelajaran pada anak-anak mendapatkan respon yang kurang baik.

Baik ketika sedang belajar merasa dengan mulutnya, ketika anak belajar berbicara yang belum paham mereka mengerti arti kata tersebut.

Ketika sudah mulai berbicara dan banyak bertanya, jawaban yang didapatkannya tidak memuaskan dan bahkan cenderung menyakiti rasa kaingin tahuan si anak. Hal ini mungkin karena faktor kelelahan saat orang tua mengasuh atau capek memberikan penjelasan berulang-ulang.

Hal lainnya yang terjadi biasanya anak ketika melihat barang baru yang dilihatnya dirumah dan anak cenderung ingin mengetahui kebih dekat dan memegangnya, namun respon orang-orang dewasa di sekelilingnya malah menjauhkan barang tersebut karena takut rusak atau akan mencederai anak. Dari pemaparan diatas apakah sudah ada yang mengerti kenapa anak malas belajar ?

Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari lebih jauh lagi untuk bisa memecahkan masalah anak malas dalam belajar. Seorang pakar Pendidikan, Timothy Wibowo, memberikan beberapa kiat supaya anak bisa rajin dan mudah belajar disekolah.

 Berikut tips-tips yang bisa dilakukan : 

1. Tanyakan apa saja hal yang dilakukan hari ini oleh anak setelah pulang sekolah, menanyakan hal yang menyenangkan misalnya. Otomatis anak akan mencari hal-hal yang menyenangkan disekolah dan secara tidak langsung akan membentuk mindset anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan

2. Ketika anak sedang tidur, berikan masukan sugesti positif dengan cara mengatakan bahwa belajar adalah hal yang menyenangkannya dengan bermain atau berhitung dan menghafal adalah kegiatan itu sangat mudah. Ini salah satu bentuk hypnosleep positif pada anak

3. Menjelaskan, hal ini dilakukan guna materi pelajaran yang sedang dikerjakan bisa mudah diterima oleh anak. Sesuaikan penjelasan dengan materi yang sedang di kerjakan oleh anak. 

4. Sering mengatakan anak kita adalah anak hebat dan luar biasa. Pujian tulus akan memacu semangat anak untuk belajar, hal ini lebih penting dari pada hanya dengan diajarkan macam-macam Teknik dalam memecahkan persoalan materi pelajarannya. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan orang sekitar termasuk guru les, guru sekolah hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri pada anak

5. Bila anak masih kecil dan masih suka dibacakan dongeng, pangkulah anak saat membacakan dongeng. Posisikan anak diposisi nyaman dan memudahkan orang tua untuk memberikan ciuman serta pelukan kasih saying. Tujuannya supaya anak dapat menghubungkan sensasi menyenangkan antara membaca buku dengan rasa cinta dari orang tua

6. Membuat surat rahasia untuk anak. Surat rahasia berisi kata-kata semangat untuk anak dalam kegiatan belajarnya. Surat itu hanya untuk diketahui anak dan orang tua,hal ini dilakukan guna membangkitkan semangat belajar anak.

Dari 6 point diatas upaya dalam meningkatkan semangat belajar anak bisa di lakukan dengan tetap menjaga kerjasama berbagai pihak dalam menyuntikkan rasa percaya diri anak namun tetap dalam batas kewajaran. Karena jika dilakukan secara berlebihan justru akan berdampak yang tidak baik bagi anak. Tetap pantau perkembangan belajar anak sehingga orang tua bisa menyesuaikan. 

Semoga bermanfaat….. 



0 Response to "Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel