Manfaat Menjadi Vegetarian


Manfaat Vegetarian 


Setelah mengetahui berbagai jenis vegetarian, sudah tertarik kah menjadi vegetarian? 

Di artikel sebelumnya memang telah diberi sedikit manfaat menjadi vegetarian, tetapi kali ini kita akan membahas lebih detail sehingga niat untuk menjadi vegetarian semakin kokoh. Yuk langsung aja intip

Manfaat menjadi vegetarian di bawah ini:

1.    Kebutuhan Gizi dalam Makanan Lebih Terkontrol

Kebutuhan Gizi Makanan lebih Terkontrol
Gizi memang sangat dibutuhkan tubuh guna mengaktifkan sistem organ dalam tubuh secara sempurna. Gizi yang cukup didapatkan dari pola makan yang baik. Dan pola makan tersebut didapat dari pola hidup vegetarian.

Mengapa demikian? Karena seorang vegetarian mempunyai perencanaan yang baik dalam penyusunan menu makanan yang sehat. Baik sehat secara kualitas maupun kuantitas, yang berarti vegetarian pasti sudah mempertimbangkan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian otomatis makanan yang telah dikonsumsi telah mengandung gizi yang memadai.

2.    Obat Alami Mengusir Berbagai Penyakit

Sudah berapa sering mengetahui orang yang terkena penyakit seperti serangan jantung, stroke akibat gemar mengonsumsi daging? Cukup sering bukan. Untuk mengurangi resiko ini, dapat ditekan dengan menjadi vegetarian.

Vegetarian sendiri sudah pasti mempunyai pantangan sendiri dengan daging dan hanya mengonsumsi olahan nabati saja. Dari berbagai penelitian, disebutkan bahwa vitamin, serat, dan mineral mampu menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya tersebut.

3.    Menekan Tingginya Kadar Kolesterol

Kolesterol merupakan pemicu utama penyakit jantung. Kolesterol sendiri banyak ditemukan pada makanan yang mengandung lemak, seperti daging, dan gorengan. Untuk menekan tingginya kolesterol dapat dikurangi dengan meminimalisir konsumsi makanan berlemak dan lebih banyak konsumsi olahan nabati. Oleh karena itu sering mengonsumsi buah dan sayur kolesterol tubuh kita bisa terjaga.

4.    Mencegah Konstipasi

Konstipasi atau biasa disebut sembelit merupakan suatu gangguan saat buang air besar yang disertai dengan frekuensi yang lama. Gangguan ini sering dipicu oleh pola makan yang tidak tepat. Selain itu, bisa juga terjadi akibat sering mengonsumsi makanan yang kaya protein hewani dan kurangnya konsumsi olahan nabati yang kaya serat.

Untuk mengurangi resiko ini, vegetarian menjadi jawabannya mengingat yang dikonsumsi seringkali olahan nabati.

5.    Mencegah Obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan. Tubuh yang mengalami obesitas cenderung mudah terkena penyakit. Penyebab utama obesitas adalah pola makan tidak sehat dan sering mengonsumsi makanan berlemak seperti daging dan kolesterol tinggi. Untuk menghindari ini, vegetarian jawabannya. Karena berpantangan dengan olahan hewani seperti daging.

6.    Mampu Memperkuat Tulang 

Tulang membutuhkan asupan kalsium yang cukup guna menjaga agar tetap kuat dan berfungsi normal. Asupan kalsium ini banyak ditemukan pada jenis tumbuhan seperti singkong, kacang-kacangan, sayur bayam, dan brokoli. Vegetarian tentu tidak asing dengan itu, sehingga tulang terjaga
tetap kuat.

7.  Terbebas dari Gangguan Menopause

Menopause merupakan gangguan menjelang tua yang biasanya terjadi pada wanita. Ketika hal ini terjadi, biasanya hormon esterogen akan turun dan menyebabkan berbagai gangguan baik fisik maupun psikis, seperti tubu tidak nyaman, mengalami rasa sakit, emosi tidak stabil.

Gangguan ini bisa diantisipasi dengan rutin mengkonsumsi sayuran tertentu, seperti kedelai. Kedelai mempunyai kandungan fitoestrogen yang merupakan zat dengan karakteristik yang mirip dengan hormon esterogen.

8.    Terhindar dari Keracunan atau Tertular Penyakit Hewan

Bahan pangan nabati sejatinya lebih murah, lebih mudah, dan lebih aman dikonsumsi dari bahan pangan hewani. Salah satunya terkena virus dan bakteri. Bahan pangan hewani lebih mudah terlular virus dan bakteri. Misalnya daging sapi, ayam, kambing kerap terinfeksi virus yang berbahaya bagi tubuh. Dengan berpantang bahan pangan hewani, otomatis terhindar dari virus berbahaya tersebut.

9.    Berumur Lebih Panjang

Hidup lebih lama memang menjadi dambaan setiap orang. Selain ketentuan Tuhan Yang Maha Kuasa, faktor diri sendiri juga mempengaruhi umur seseorang. Menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu cara agar berumur panjang. Pola hidup sehat tentu tak lepas dari pola makan yang diterapkan.

 Pola makan yang sehat dan seimbang diperoleh dengan memperhatikan dengan benar apa yang akan dikonsumsi oleh tubuh. Ketika pola makan telah sehat dan seimbang kemungkinan untuk terserang penyakit berbahaya relatif kecil. Sehingga kita bisa menghirup udara di dunia lebih lama.
Setelah mengetahui manfaat vegetarian yang ternyata wooow sekali. Sudah lebih kokoh kah niat menjadi vegetarian? Sudah yaaa pastinya..

Apabila sudah mempunyai niat yang kuat, segala sesuatu pasti mudah untuk dijalankan. Walaupun awalnya memang berat, tetapi setelah terbiasa pasti akan mudah.. Semoga bermanfaat

0 Response to "Manfaat Menjadi Vegetarian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel