Hindari 5 Penyebab Dari Bau Mulut Saat Berpuasa

             
Hindari Bau Mulut

Bau mulut pada saat berpuasa merupakan hal yang umum terjadi. Namun bau mulut pada saat  berpuasa bisa menjadi masalah sendiri bagi sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa. Berbagai faktor penyebab bau mulut disebabkan mulai dari faktor kebersihan hingga makanan yang dikonsumsi.

Terlebih bagi mereka yang aktivitas hariannya selalu Bersama dengan orang lain tentu masalah bau mulut akan sangat mengganggu. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenali penyebab bau mulut pada saat menjalankan ibadah puasa agar dapat cepat untuk mengatasinya.

Masalah bau mulut saat berpuasa akan menyebabkan rasa kurang percaya diri, malu dan khawatir. Namun, untuk mengatasi masalah ini relatif mudah. Perubahan gaya hidup serta pengobatan sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dirumah akan dapat mengatasi masalah bau mulut.

Berikut penyebab-penyebab masalah bau mulut saat berpuasa dari berbagai sumber yang sudah lenteradunia.com rangkum.

Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa

1. Dehidrasi 

Anak Dehidrasi


Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan atau banyak menggunakan cairan yang menyebabkan tubuh tidak bisa menjalankan fungsi normalnya. Dehidrasi secara umum ditemukan pada oaring yang sedang menjalankan ibadah puasa, ini dikarenakan pada orang yang berpuasa tidak memikirkan jumlah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh tidak memiliki cukup air.

Dehidrasi dapat juga membuat mulut kering. Ini juga menjadi salah satu masalah umum yang sering terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut. ini dikarenakan bakteri yang hidup di dalam mulut bertambah banyak pada saat mulut dalam keadaan kering.

Dehidrasi juga menyebabkan penurunan produksi air liur, dimana air liur dalam mulut berfungsi untuk melawan banyak bakteri dalam mulut. Untuk mengatasi masalah dehidrasi yang terjadi saat berpuasa, cobalah untuk memenuhi kebutuhan cairan pada saat sahur dan berbuka puasa.

Sedangkan untuk mengatasi masalah mulut kering diantaranya adalah dengan membersihkan mulut secara rutin, berkumur dan hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat dehidrasi saat berpuasa. Sehingga dari beberapa cara tersebut kita tidak akan mengalami bau mulut saat berpuasa.

2. Masalah Pada Lambung 

Masalah Pada Lambung
Jika kita sudah rutin menyikat gigi dan membersihkan mulut namun tetap saja mengalami masalah bau mulut saat berpuasa, GERD mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

GERD adalah masalah yang terjadi pada lambung. GERD atau asam lambung disebabkan oleh asam yang kembali naik ke kerongkongan, sehingga menyebabkan sensasi rasa terbakar di area dada atau teggorokan.

 GERD dapat menyebabkan masalah bau mulut. Ini disebabkan ketika asam lambung bercampur dengan makanan dan kemungkinan juga bakteri. Hal ini juga sama seperti banyak gejala refluks asam, masalah bau mulut disebabkan oleh pergerakan isi dalam lambung ke kerongkongan.

 Faktor selanjutnya juga disebabkan oleh cara mengunyah makanan yang kurang sempurna, sehingga membuat makanan membusuk di dalam lambung yang mengakibatkan bau busuk.
Masalah lambung ini bisa diatasi dengan cara mengubah pola hidup, pola makan menjadi lebih baik lagi.

3. Banyak Mengkonsumsi Gula

Banyak Konsumsi Gula

Saat bulan Ramadahan, makanan manis sering kali terhidang sebagai teman saat berbuka. Makanan yang banyak mengandung gula terdapat pada makanan takjil yang dihidangkan untuk dikonsumsi sebelum mengkonsumsi makanan yang berat. Tak jarang orang-orang mengkonsumsi gula untuk dibuat menjadi berbagai macam hidangan saat berpuasa.

Konsumsi makanan manis berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya kesehatan pada mulut. Tidak hanya dapat merusak gigi, mengkonsumsi gula secara berlebihan juga akan menyebabkan bau pada mulut. Gula merupakan sumber bahan bakar bagi bakteri untuk berkembang biak.
Hal ini yang menyebabkan senyawa sulfur lebih ofensif, sehingga membuat bau mulut menjadi lebih buruk.

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Rendah Karbohidrat

Mengkonsumsi Makanan Berkarbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Tidak hanya sebagai sumber energi saja, akan tetapi juga berperan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Saat berpuasa, jika tubuh kekurangan karbohidrat tentu akan menimbulkan sejumlah masalah, sehingga saat berpuasa pastikan asupan karbohidrat terpenuhi.

Jika tidak mengkonsumsi karbohidrat yang cukup, maka tubuh akan melakukan pembakaran pada lemak serta pembakaran protein. Proses ini disebut dengan ketosis. Pada proses ini akan menyebabkan bau mulut yang tidak menyenangkan. Mengurangi dosis protein harian dan meningkatkan asupan karbohidrat akan dapat mengatasi masalah ini.

5. Tidak Segera Membersihkan Mulut Saat Sahur

Tidak Segera Membersihkan Bau Mulut

Kebersihan mulut merupakan faktor utama penyebab masalah bau pada mulut. Terkadang saat sahur, keinginan untuk tidur kembali sangat besar. Sehingga akan mengakibatkan Anda melewatkan aktivitas membersihkan mulut serta menyikat gigi setelah sahur.

Ketika mulut tidak dibersihkan, maka bakteri akan memecahkan partikel makanan yang terperangkap di gigi atau mulut. Kombinasi bakteri dan makanan busuk di dalam mulut ini yang akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Pastikan untuk menyikat gigi secara rutin  sebelum tidur dan setelah makan sahur. Menyikat gigi juga akan menghilangkan plak, zat lengket yang menumpuk di gigi dan menyebabkan bau. Penumpukan plak akan menyebabkan gigi menjadi berlubang serta penyakit periodontal.

Demikian, faktor penyebab masalah bau mulut yang harus dihindari. Setelah mengetahui faktor-faktor penyebabnya, tentunya kita pasti akan mulai merencanakan apa saja kegiatan untuk menjaga kesehatan mulut bukan ?

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Hindari 5 Penyebab Dari Bau Mulut Saat Berpuasa "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel