Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Cara ampuh atasi bau mulut saat berpuasa
Saat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan, mungkin saja Anda mengalami berbagai masalah pada kesehatan mulut. Diantara masalah yang dialami tersebut, seperti bibir pecah-pecah, hingga bau mulut.

 Halitosis atau yang lebih dikenal dengan bau mulut merupakan salah satu masalah yang hampir setiap orang alami saat puasa.

 Bagi Anda yang bekerja secara Bersama-sama dengan orang lain, tentu hal ini akan sangat mengganggu aktivitas harian Anda bukan ?

Tidak hanya mengganggu, namun rasa percaya diri pun bisa menurun. Penyebab paling umum bau mulut adalah karena adanya bakteri di area gigi dan juga lidah. Tidak makan dan minum selama berjam-jam juga merupakan penyebab terjadinya kondisi dari masalah bau mulut.

Maka, Anda membutuhkan cara cepat dan terbukti ampuh untuk menghilangkan masalah bau mulut yang Anda alami ketika berpuasa. Berikut tips-tips yang sudah Lenteradunia.com rangkum dari berbagai sumber media untuk mengatasi masalah bau mulut saat puasa.

Cara Cepat Dan Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Puasa:

-    Minum Air Putih Yang Cukup

Minum air putih cukup


Cara yang paling sederhana untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. Saat menjalankan ibadah puasa, tentu tidak memungkinkan untuk bisa menjaga asupan air mineral di siang hari.

Walaupun demikian, cara yang bisa dilakukan adalah dengan tetap menjaga asupan air pada saat waktu berbuka puasa dan saat sahur.

Ketika asupan air mineral terjaga, maka produksi air liur pun tetap ada dan kelembapan area mulut terjaga. Dengan demikian, akan mencegah bakteri di dalam mulut berkembang dan masalah bau mulut tidak akan kita alami saat menjalankan ibadah puasa.

-    Sikat Gigi 

Sikat Gigi

Ketika waktu berbuka telah tiba, tentu kita akan mulai mengkonsumsi makanan dan minuman setelah berpuasa karena tidak makan dan minum selama berjam-jam. Namun jangan lupakan kegiatan menyikat gigi secara menyeluruh. Pastikan semua area dalam mulut terjangkau, termasuk pada sela-sela gigi.

Dengan membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut dalam mulut, hal ini dapat menjadi cara untuk menghilangkan masalah bau mulut saat berpuasa.

Sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam mulut akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dalam mulut, sehingga akan memunculkan salah satu masalah yang akan setiap orang alami saat puasa yakni masalah bau mulut (halitosis).

Lakukanlah kegiatan menyikat gigi secara menyeluruh pada saat setelah berbuka dan setelah sahur ketika menjalankan ibadah puasa. Sehingga masalah bau mulut tidak akan kita alami saat puasa.


-    Membersihkan Lidah 

Memebersihkan lida


Lidah juga bisa menjadi sarang bakteri, sehingga muncul masalah bau mulut. Bila merasa nafas jadi tidak sedap, Anda bisa membersihkan lidah dengan alat khusus yang sudah banyak dijual di toko-toko.

Namun, tidak harus menggunakan alat khusus pembersih lidah, Anda bisa menggunakan alat yang lain seperti menggunakan pasta gigi dan juga air untuk membersihkannya.

Akan tetapi, jika menggunakan alat apapun itu untuk membersihkan lidah pastikan alat pembersih lidah Anda selalu dalam keadaan higienis.

Tidak hanya untuk menjaga kebersihan lidah saja, ini juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan masalah mau mulut saat puasa.


-    Menjaga Kesehatan Gusi 

Menjaga kesehatan gusi

Masalah bau mulut memang terjadi karena kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, tidak hanya area gigi, gusi yang bermasalah pun juga bisa menjadi penyebab masalah bau mulut. Hal ini dikarenakan bakteri yang berkumpul pada dasar gigi sehingga menjadi bau.

Cara untuk menghilangkan masalah bau mulut saat puasa yakni dengan cara menjaga kesehatan gusi. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter gigi untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

-    Konsumsi Buah-buahan

Konsumsi Buah

Selain mengkonsumsi air putih untuk mengatasi masalah bau mulut, Anda juga disarankan mengkonsumsi buah-buahan saat buka puasa dan juga saat sahur. Seperti buah nanas yang diklaim untuk mengatasi masalah ini.

Buah nanas mempunyai kandungan yang dapat mengatasi peradangan dalam tubuh. Ditambah senyawa bromelain didalamnya yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat menurunkan masalah infeksi akibat bakteri.

Tidak hanya buah nanas, Anda juga bisa mengkonsumsi buah jeruk saat puasa. Buah jeruk tergolong baik untuk menambah kebersihan pada gigi. Kandungan vitamin C nya dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat membantu menghilangkan masalah bau mulut saat puasa.


-    Berkumur dengan Mouthwash



Banyaknya bakteri di dalam mulut dapat menimbulkan bau pada mulut. Anda dapat menghilangkan bau mulut dengan berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash.

 Sebaiknya gunakan obat kumur tanpa kandungan alkohol dan pastikan bahwa jenis obat kumur yang akan digunakan dapat membunuh bakteri dalam mulut. Berkumur secara rutin dapat menjadi cara untuk menghilangkan masalah bau mulut saat puasa.


-    Memanfaatkan Cuka Apel atau Soda Kue

Memanfaatkan cuka apel atau soda kue



Coba untuk memanfaatkan cuka apel atau soda kue sebagai cara untuk menghilangkan masalah bau mulut saat puasa. Anda bisa melarutkan salah satunya, agar bisa dijadikan sebagai obat kumur alami.

 Campurkan dua sendok makan dengan satu cangkir air hangat, lalu kumur selama 30 detik kemudian bersihkan mulut dengan air biasa.

Baking soda atau soda kue mempunyai kandungan natrium bikarbonat yang efektif berfungsi membunuh bakteri di dalam mulut. Sedangkan cuka apel mengandung asam asetat yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri.

Demikian, cara yang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut saat puasa yang sudah dirangkum untuk membantu Anda mengatasi masalah bau mulut saat puasa. Namun, alangkah baiknya melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari masalah bau mulut saat puasa. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Semoga bermanfaat….

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel