Kenali Gangguan Pada Gigi dan Apa Saja Penyebabnya


Gigi Sehat hilang kuman

Makanan yang telah terhidang dengan lezat dihadapan kita dapat dimakan dengan bantuan alat pengunyah , yaitu gigi. Gigi dan mulut merupakan bagian dari tubuh manusia yang berfungsi untuk mengunyah makanan, memperkecil ukuran makanan dan memberikan enzim-enzim amilase yang sangat berguna untuk aktivitas pencernaan selanjutnya.

Bagi para pecinta kuliner tentu saja menyukai berbagai macam makanan, entah itu makanan manis, pedas dan cita rasa yang lainnya. Dari sini tentu sangat dimungkinkan gigi akan mengalami gangguan-gangguan akibat pola kebiasaan makan dan kebiasaan buruk yang dilakukan terhadap gigi.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai gangguan-gangguan pada gigi, makanan yang dapat merusak gigi dan juga apa saja makanan yang dapat melindungi dan membersihkan gigi.

Berikut ini akan kita bahas mengenai berbagai masalah mengenai kesehatan mulut dan gigi.
1.    Gangguan Pada Gigi 

Gigi akan mengalami kerusakan akibat pola konsumsi dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan terhadap gigi. Beberapa gangguan tersebut diantaranya yaitu plak, karies erosi gigi dan plak gigi.

Berikut ini akan kita bahas lebih jelas mengenai gangguan-gangguan pada gigi.
  • Plak Gigi
Plak sebenarnya merupakan kumpulan-kumpulan bakteri dan produk lainnya yang dibentuk dan menempel pada permukaan gigi. Plak terjadi karena gigi digunakan untuk mengunyah makanan sehingga setiap saat tertentu aka nada sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Sisa-sisa makanan tersebut akan menjadi tempat tinggal  bakteri, sehingga lama-kelamaan terjadi kumpulan bakteri yang menempel pada permukaan gigi.
  • Karies Gigi
Karies gigi terjadi karena kerusakan yang terus menerus pada gigi yang disebabkan produksi asam oleh bakteri pada permukaan gigi yang terjadi pada selang waktu tertentu dimana terjadinya demineralisasi lebih besar disbanding remineralisasi. Untuk mencegah terjadinya karies gigi sebaiknya dilakukan dengan cara-cara yang dapat mengurangi demineralisasi.
Berikut hal-hal yang harus dilakukan untuk melindungi gigi dari karies, antara lain :
-    Menghilangkan plak pada permukaan gigi
-    Menyikat gigi setiap selesai makan

  • Erosi Gigi
Erosi berbeda dengan karies, jika karies disebabkan karena bakteri maka erosi disebabkan karena kondisi asam yang akan dipercepat dengan terjadinya abrasi, misalnya karena pentikatan gigi terlalu keras, faktor yang kedua terjadi karena asam lambung yang mengenai gigi dan mulut karena muntah.

 selanjutnya karena minuman-minuman seperti sof drink, minuman berkarbonasi, jus buah dan asinan mengandung asam yang dapat menimbulkan erosi gigi. Erosi gigi dapat dicegah dengan cara minum dengan menggunakan sedotan, dengan cara ini akan menghindari erosi karena mengurangi kontak langsung minuman dengan gigi.

 Minum dengan memasukkan minuman dalam mulut kemudia dikumur-kumurkan sebaiknya dihindari, karena hal tersebut akan menyebabkan kontak minuman dengan gigi dan lingkungan dalam mulut terjadi intensif.

  • Noda Gigi
Makanan dan minuman seperti, kopi, the dan anggur dapat menimbulkan noda pada gigi. Konsumsi makanan dan minuman tersebut dalam jangka waktu yang lama akan membuat noda-noda berwarna cokelat hingga hitam yang akan menempel pada gigi dapat menutupi permukaan gigi.

Noda pada gigi tidak berhubungan langsung dengan kesehatan gigi tetapi akan mengganggu penampilan seseorang. Noda gigi dapat dihilangkan dengan bantuan dokter gigi.

2. Makanan Yang Dapat Merusak Gigi
Makanan yang masuk dalam tubuh akan berpengaruh pada kesehatan secara umum. Ada jenis-jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan, namun ada kalanya jenis-jenis makanan dapat menyebabkan penyakit tubuh.

Berhubungan dengan kesehatan gigi, beberapa makanan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan gigi, sebenarnya bukan makanan yang menjadi penyebab kerusakan gigi, namun karena cara-cara mengonsumsinya atau frekuensi mengonsumsi makanan tersebut. Berikut beberapa makanan penyebab kerusakan gigi, diantaranya :

  • Karbohidrat
Gula yang dikonsumsi, baik berasal dari pecahan pati atau gula disebut komponen bahan makanan utama yang berhubungan dengan terjadinya kerusakan gigi. Jenis gula ada beberapa bermacam-macam. Gula jenis sukrosa (contohnya seperti gula pasir yang biasa dikonsumsi ) merupakan jenis gula yang umumnya menyebabkan karies pada gigi.

Walaupun demikian, jenis gula glukosa, fruktosa atau maltose juga dapat menyebabkan karies. Sebenarnya yang perlu diperhatikan bukan jenis gula yang digunakan melainkan frekuensi seseorang mengonsumsi makanan yang bergula tersebut.

  • Asam
Makanan bersifat asam seperti jeruk atau lemon dapat menyebabkan erosi gigi dan juga akan mengikis enamel pada permukaan gigi. Demikian juga dengan munuman-minuman yang mengandung asam seperti jus buah atau minuman berkarbonasi. Demikian Semoga manfaat.

0 Response to "Kenali Gangguan Pada Gigi dan Apa Saja Penyebabnya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel