Cara Menggunakan dan Melepaskan Masker Secara Tepat


Akhir-akhir ini dunia sedang digemparkan masalah virus yang mewabah diseluruh negara dipenjuru dunia, berbagai cara dilakukan agar tidak tertular oleh coronavirus. Masker disebut-sebut merupakan salah satu cara yang efektif untuk menangkal penularan virus yang sedang mewabah saat ini yakni virus corona. 

masker corona

Virus yang pertama kali menyerang negara China ini kini sudah menyebar ke beberapa negara lainnya salah satunya negara kita Indonesia. Menggunakan masker secara tepat mampu mengurangi resiko infeksi. 
Pada dasarnya, menggunakan masker dapat membantu mengatasi penyebaran kuman atau virus yang berasal dari batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi. Masker juga dapat mengurangi jumlah kuman yang dilepaskan oleh penggunanya, sekaligus dapat melindungi sesorang dari ancaman penyakit yang menular. 
Beberapa studi menemukan bahwa masker bedah dapat memberikan perlindungan baik terhadap penyakit seperti flu. Masker bisa efektif untuk menyaring tetesan air liur dengan partikel besar. Namun, masker juga disebut kurang efektif untuk menyaring partikel halus yang melayang diudara lebih lama. 
Masker bedah adalah masker yang paling yang paling banyak digunakan orang saat ini, masker ini diperkenalkan ke ruang operasi pada akhir tahun 1800-an. Masker kemudian popular dikalangan masyarakat yang ingin melindungi diri dari pandemic influenza pada tahun 1918.
Kali ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan masker bedah secara tepat. Dengan wabah virus yang sudah menyerang ini kita diharapkan bisa lebih menjaga kesehatan dan lebih bijak dalam bertindak, terutama cara mengurangi resiko penularan virus corona yang sudah mewabah saat ini. Sebab, masih banyak yang salah kaprah dalam menggunakan masker. 

Salah satu kasusnya yakni kesalahan dalam cara menggunakan masker dengan kedua sisinya dari masker bedah. Masker bedah memiliki dua sisi yang berwarna putih yang kedua berwarna , sisi putih sebagai bagian dalam  yang dapat melindungi diri dari polusi dan juga penyakit. Masker bedah berkualitas baik umumnya memiliki tiga lapisan. 

Dua lapisan luar (berwarna untuk bagian depan dan putih untuk bagian dalam ) dan lapisan tengah yang berfungsi sebagai filter, sementara bagian putih merupakan penyerap. Bernafas pada saat menggunakan masker memang dirasa tidak nyaman. Lapisan putih pada masker bedah dimaksudkan untuk membantu mengatasi dalam hal tersebut. 
Adapun cara  yang tepat dalam menggunakan masker, berikut cara-cara yang bisa dilakukan :
1.     Membersihkan tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun sebelum menyentuh masker
2.   Kenali setiap sisi pada masker. Sisi masker lebih kaku dan dapat ditekuk pada bagian atas untuk menutup hidung. 
3.    Sisi pada masker yang berwarna umumnya menjadi bagian depan atau luar, Sedangkan sisi yang berwarna putih bagaian belakang atau dalam Ujung masker tekuk ke atas hingga mengikuti bentuk hidung. Tarik bagian bawah masker hingga menutupi dagu

memakai masker

Berikut ini merupakan cara-cara melepaskan masker secara tepat, adapun cara-caranya antara lain sebagai berikut :
1.      Membersihkan pada telapak tangan dengan air dikasih sabun sebelum menyentuh masker
2.      Jangan sentuh bagian depan masker, karena bagian depan merupakan bagian yang sudah terkontaminasi. Caranya cukup dengan menyentuh ikatan atau bagian tali di telinga saja
3.      Kemudian, buang masker yang sudah dilepas ke tempat sampah
4.      Terakhir, cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun 

      Mengikuti cara menggunakan dan melepaskan masker secara tepat dapat membantu dalam mengurangi resiko penularan infeksi penyakit menular seperti virus yang sedang mewabah saat ini yang dikenal virus corona.

0 Response to "Cara Menggunakan dan Melepaskan Masker Secara Tepat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel