Berkeinginan menjadi Vegetarian? Yuuu Kenali Dulu Macamnya

makanan sayur

Sudah berapa sering mendengar kata “vegetarian”? Cukup sering bukan. Memang saat ini sudah banyak orang yang menerapkan pola ini. Lalu apa sebenarnya vegetarian itu? Vegetarian merupakan orang yang tidak mengonsumsi berbagai jenis bahan pangan hewani beserta olahannya.

Tetapi kenyataannya, ada beberapa penganut vegetarian yang memiliki batas toleransi untuk memasukkan protein hewani ke menu makanannya. Berdasarkan organisasi Internasional Vegetarian Union (IVO)

Vegetarian di kelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu:

1.    Vegetarian Vegan

Makanan Buah

 Yaitu kelompok vegetarian yang murni atau vegetarian total. Penganut vegetarian vegan tidak sedikitpun memakan hasil olahan yang bersumber dari hewan, seperti daging, susu, telur, jeroan, dan ikan.

 Kelompok ini hanya mengonsumsi makanan yang bersumber dari produk nabati, seperti biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Bahkan, vegetarian vegan juga tidak menggunakan produk yang berasal dari hewan, misalnya bahan kulit, wol, hingga madu.

Umumnya, penganut vegetarian vegan bersumber dari agama yang dianutnya. Jadi, memang keharusan dalam agama yang mengharamkan untuk mengonsumsi atau menggunakan produk hewani.

2.  Vegetarian Lacto

Minum Yoghurt

 Lacto sendiri berasal dari kata susu. Penganut vegetarian lacto mempunyai pola makan yang bersumber dari bahan nabati seperti umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain itu, vegetarian ini juga sangat pantang terhadap semua olahan daging, baik itu daging ternak, daging ikan, maupun daging unggas.

Tetapi, vegetarian lacto memperbolehkan untuk mengonsumsi susu dan hasil olahannya, seperti mentega, keju, dan yogurt. Salah satu keuntungan dari vegetarian jenis lacto adalah tidak perlu khawatir kolesterol tubuh akan naik, mengingat kolesterol yang ada pada susu relatif rendah.

3.  Vegetarian Lacto-Ovo


Jenis vegetarian yang ketiga ini mengonsumsi produk bahan nabati, dan tidak mengonsumsi bahan hewani, terlebih jika hewan tersebut harus disembelih terlebih dahulu. Vegetarian lacto-ovo masih memperbolehkan untuk mengonsumsi makanan berbahan susu, telur, maupun produk olahannya. Sumber utama makanan vegetarian ini.

 Bersumber dari bahan nabati seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Bagi penganut vegetarian lacto-ovo tidak perlu khawatir kekurangan protein karena kualitas protein dalam susu dan telur sangat baik bagi tubuh. Selain itu protein dari telur dan susu juga mengandung asam amino yang lebih lengkap.

Menjadi vegetarian memang mudah-mudah sulit. Mudah bagi orang yang sudah menjalakan, dan sulit bagi yang  belum mencobanya. Sebenarnya menjadi vegetarian juga banyak manfaatnya lho. Beberapa diantaranya, yang pertama, kita akan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

 Baik penyakit bawaan dari hewan tersebut maupun penyakit akibat dari mengonsumsi daging yang berlebihan. Penyakit bawaan seperti flu burung, dan penyakit mulut. Sedang penyakit akibat kelebihan daging seperti diabetes, jantung, kolesterol, dan darah tinggi. Yang kedua, berat badan menjadi lebih terjaga.

 Dengan mengonsumsi bahan nabati yang kaya akan serat dan antioksidan sangat membantu dalam pembakaran kalori dalam tubuh. Tidak heran vegetarian mempunyai berat badan yang cenderung stabil. Tidak terlalu kurus maupun terlalu gemuk.

Yang ketiga, kulit menjadi lebih sehat. Kandungan mineral dan antioksidan yang terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan dapat membantu peredaran darah dan menjaga pigmen kulit. Pastinya keuntungan ini akan didapat oleh vegetarian yang setiap harinya selalu mengonsumsinya.

Setelah mengetahui jenis dan manfaat vegetarian yang sangat baik untuk tubuh, bgaimana? Sudah tertarik untuk mencobanya? Ingat ya, jangan terlalu memaksakan jika tubuh tidak bisa menerima dengan baik. Memang butuh waktu untuk beradaptasi dengan hal yang baru.

Satu yang terpenting, tetap menjaga kesehatan dengan pola makan yang sehat dan tidak berlebihan. Salam sehat sejahtera....

0 Response to "Berkeinginan menjadi Vegetarian? Yuuu Kenali Dulu Macamnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel