Pola Makan Sehat Bergizi Menu Seimbang



Berbicara mengenai makanan, tentu tidak lah menjadi hal yang asing bagi kita semua kan sobat. Yah makanan adalah kebutuhan pokok bagi kita semua kan. Nah sobat, menu makanan apa sih yang paling kalian suka??? 

Makanan Sayur

Nah dari menu makanan yang kalian suka itu, apakah sudah bisa dikatakan menu seimbang??? 
 Dan bagaimana sih cara untuk memilih bahan makanan yang sesuai dengan pola menu seimbang??? 

Sebelum kita membahas bagaimana sih pola menu yang seimbang dan mengapa kita harus 
 menerapkan pola menu seimbang, kita akan membahas sedikit mengenai sejarah menu seimbang ya sobat. Pada tahun 1950 an  Pola menu seimbang awalnya dikembangkan dan telah mengakar dikalangan masyarakat luas dengan sebutan Menu Pola 4 Sehat 5 Sempurna.  

Dikembangkan lagi menjadi Pedoman Umum Gizi Seimbang yang memuat 13 % dasar gizi seimbang pada tahun 1955. Makanan menu seimbang merupakan menu yang terdiri dari aneka ragam makanan dengan jumlah dan proporsi yang sesuai. Ia mampu memenuhi kebutuhan gizi yang berperan untuk memelihara dan memperbaiki sel dalam tubuh untuk proses pertumbuhan dan perkembangan. 

Nah dari definisi menu seimbang ini, sudah jelas kan sobat, mengapa kita harus menerapkan pola menu seimbang dalam kebutuhan pokok kita sehari-hari. Menu seimbang pada umumnya terdiri atas makanan pokok, lauk, sayur dan buah. 

Selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara memilih bahan makanan yang sesuai dengan Menu 4 Sehat 5 Sempurna dan jumlah yang dianjurkan. Adapun beberapa langkah untuk memilih bahan makanan yang sesuai dengan Menu 4 Sehat 5 Sempurna.

 Antara lain sebagai berikut :
1.   Bahan Makanan Pokok 

Bahan Makanan Pokok


Jenis bahan makanan pokok terdiri dari padi-padian dan juga umbi-umbian.  Dalam bahan makanan padi terdapat kadar protein lebih tinggi dari umbi-umbian yakni (7-11%) dan (1-2%) dalam bahan makanan umbi-umbian. Nah dari sini, apabila kita memilih bahan makanan pokok umbi-umbian, kita masih harus menyertakan lauk dalam jumlah yang besar. 

Mengapa demikian??? 

Karena mengingat kadar protein yang terdapat pada umbi-umbian yang lebih sedikit nih sobat. Tidak hanya itu, pada umbi-umbian hanya terdapat 4 sumber saja (karbohidrat kompleks, magnesium, kalium dan serat).

Pada Bahan Makanan Padi-Padian Terdapat 8 Sumber Diantaranya : 

karbohidrat kompleks, tiamin, riboflavin, niasin, protein, zat besi, magnesium dan serat. Diantara bahan makanan pokok padi-padian antara lain seperti beras, jagung dan gandum. 

Anjuran porsi dalam sehari untuk orang dewasa sebanyak 300-500 gram beras atau 3-5 piring sehari ya sobat. 
Nah dari sini, sudahkah kalian menentukan makanan pokok yang akan kita konsumsi  sebagai bahan makanan pokok kita guna pemenuhan pola menu seimbang sobat??? 
  
2.       Bahan Makanan Lauk

Bahan makanan lauk

Lauk, sebaiknya terdiri atas campuran lauk nabati dan juga hewani[1] . Lauk nabati terdiri dari kacang-kacangan sedangkan untuk lauk hewani yakni seperti daging, ayam, ikan, udang dan juga telur. 

Kandungan protein dari nilai biologi tertinggi terdapat pada lauk hewani, karena mengandung sumber protein, fosfor, tiamin, niasin, Vitamin B6, B12, zat besi, seng, magnesium dan selenium. Sedangkan pada jenis lauk nabati terdiri dari sumber Vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, mangan, seng, tembaga dan kalium. 

Dari sini sudah jelas kan sobat, bahan makanan lauk apa yang baik dikonsumsi menurut kadar sumber yang dikandungnya. Namun, jika dilihat secara ekonomis memang lauk nabati lebih terjangkau ya sobat.

Namun lauk hewani yang seperti Ikan dan juga telur juga terjangkau loh sobat, meskipun lebih terjangkau lauk nabati seperti tempe, tahu dan oncom, namun kembali lagi dengan memperhatikan sumber yang dikandungnya ya sobat. 

Anjuran untuk porsi lauk hewani dalam sehari untuk orang dewasa sebanyak 100 gram atau dua potong ikan/daging /ayam. Sedangkan porsi untuk lauk nabati sebanyak 100-150 gram atau 4-6 potong tempe / tahu/ oncom sehari. 
  
3.     Bahan Makanan Sayuran 

Bahan makanan Sayur

Sayuran merupakan sumber vitamin A, C, asam folat, magnesium, kalium, serat serta mengandung lemak dan kolestrol. Sayuran yang lebih banyak mengandung zar besi terdapat pada sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong, kacang, katuk dan daun pepaya. 

Tidak hanya zat besi namun juga terkandung sumber kalsium, asam folat dan vitamin C.  Untuk sayuran yang berwarna oranye /jingga,seperti tomat dan wortel mengandung banyak provitamin Avm berupa beta karoten.  

 Untuk sayuran yang tidak berwarna seperti labu siam, mentimun, nangka dan rebung tidak banyak mengandung zat besi dan mengkonsumsinya hanya untuk kenikmatan saja ya sobat.
Anjuran untuk sayuran yang dikomsumsi untuk orang dewasa sebanyak 150-200 gram atau 1,5 -2 mangkok dalam sehari. 
  
4.  Bahan Makanan Buah 

Makanan Buah Pisang
 
Buah merupakan sumber vitamin A, C, kalium dan serat. Buah berwarna kuning seperti mangga, pepaya dan pisang Raja ternyata kaya akan provitamin A, sedangkan yang kaya akan vitamin C diantaranya buah yang memiliki rasa kecut seperti jeruk, gandaria, jambu biji, dan rambutan.

Anjuran untuk porsi buah yang dikonsumsi untuk orang dewasa sebanyak 200-300 gram atau 2-3 potong untuk setiap harinya. 

5.  Susu dan Olahan Susu

Minuman Susu 


Sumber zat gizi esensial banyak terkandung dalam susu, yakni protein, kalsium, fosfor, Vitamin A dan Vitamin B1. Susu diperoleh dalam bentuk segar, susu bubuk dan kental. Untuk memperoleh susu yang segar, susu bubuk atau kental di cairkan sesuai anjuran yang biasanya sudah tertera dalam kemasan. 
Anjuran untuk mengkonsumsi susu dalam sehari sebanyak 1-2  gelas (anak-anak dan ibu hami).

Disamping ke lima golongan makanan yang sesuai dengan pola menu seimbang, biasanya mengandung gula dan minyak atau kelapa, dimana berfungsi sebagai penyedap dan memberi cita rasa pada setiap masakan. Tahu kah kalian sobat, gula dan minyak juga merupakan sumber energi. 

Nah untuk aturan komsumsi setiap harinya, diantaranya :
  •   Untuk gula sebanyak 25-35 gram (2,5-3,5 sendok makan)
  •   Sedangkan untuk minyak sebanyak 25-50 gram (2,5-5 sendok)
Demikan sedikit informasi mengenai cara-cara untuk memilih bahan makanan yang sesuai dengan Pola Menu Seimbang beserta anjuran jumlah porsi dan takarannya, semoga bisa bermanfaat ya sobat...

0 Response to "Pola Makan Sehat Bergizi Menu Seimbang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel